Langsung ke konten utama

Ketuhanan untuk Mengenal Tuhan Tidak Ada

Apakah Tuhan itu ada? Pertanyaan ini telah menggelitik pikiran manusia sejak zaman purba. Kita hidup dalam masyarakat yang begitu terobsesi dengan konsep Tuhan sebagai sosok otoritas yang mengatur segala urusan manusia. Namun, mari kita renungkan, apakah Tuhan benar-benar ada, ataukah itu hanya anggapan manusia?

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali melihat Tuhan sebagai entitas yang jauh di atas sana, mengawasi dan menghakimi setiap langkah kita. Kita menciptakan Tuhan dalam gambaran kita sendiri, memberikan-Nya sifat-sifat manusiawi seperti kemarahan, cinta, dan keadilan. Namun, apakah ini bukan sekadar refleksi dari ketakutan dan harapan kita sendiri?

Jiddu Krishnamurti pernah mengatakan, “Truth is a pathless land.” Kebenaran adalah tanah tanpa jalan. Kita tidak dapat menemukannya melalui dogma atau kepercayaan yang diteruskan secara turun-temurun. Kebenaran harus ditemukan melalui pemahaman dan kesadaran diri.

Bayangkan sebuah percakapan di sebuah desa. Seorang pria bertanya kepada seorang bijak, “Di manakah Tuhan?” Sang bijak menjawab, “Tuhan tidak ada di luar sana, tapi ada dalam tindakan baikmu, dalam perbuatan moralmu, dalam nilai-nilai kebaikan yang kau amalkan setiap hari.” Tuhan, dalam pengertian ini, bukanlah entitas yang bisa dilihat atau disentuh, melainkan esensi dari setiap tindakan baik dan moral yang kita lakukan.

Masalah muncul ketika kita menyerahkan tanggung jawab moral kita kepada sosok otoritas ilahi. Kita berharap bahwa Tuhan akan mengatur segalanya, sehingga kita merasa bebas dari tanggung jawab pribadi. Namun, solusi dari dilema ini adalah menyadari bahwa ketuhanan sejati terletak dalam perbuatan kita sehari-hari.

Perbandingan sederhana bisa dibuat: seorang yang berbuat baik karena takut akan hukuman Tuhan versus seorang yang berbuat baik karena memahami nilai intrinsik dari kebaikan itu sendiri. Mana yang lebih murni? Mana yang lebih sejati? 

Jika kita memahami bahwa Tuhan sebagai entitas otoritatif tidak ada, maka kita bebas dari belenggu ketakutan dan harapan yang tidak realistis. Sebaliknya, kita mulai melihat bahwa ketuhanan adalah perwujudan dari etika dan moral yang kita jalani.

Pada akhirnya, Tuhan tidak ada sebagai sosok otoritas. Yang ada adalah ketuhanan, yakni nilai-nilai kebaikan dan moralitas yang kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita berfokus pada tindakan baik, bukan pada sosok otoritatif yang kita ciptakan dalam pikiran kita. Dengan demikian, kita menemukan kebebasan sejati dan kebenaran yang murni dalam setiap langkah kehidupan.

Komentar

Tulisan Populer

Apa Beda Suka, Senang, dan Cinta?

Apa beda suka, senang, dan cinta? Selama anda masih belum bisa membedakan ketiga hal itu, maka anda akan salah dalam memaknai cinta. Saya ilustrasikan dalam cerita, Anda membeli hp Android karena melihat banyak teman-teman yang memilikinya dan terlihat keren, saat itu anda berada di wilayah SUKA. Dan suka merupakan wilayah NAFSU. Ketika anda mengetahui fitur, fasilitas dan manfaat Android yang lebih hebat dibandingkan HP jenis lain, maka saat itu anda berada diwilayah SENANG. Dan senang itu tidak menentu, dapat berubah-ubah tergantung kepada MOOD. Saat BOSAN, bersiaplah untuk mengganti HP jenis baru yang lebih canggih. Jadi jelaslah bahwa, Selama ini CINTA yang kita yakini sebagai cinta baru berada dalam wilayah SUKA dan SENANG. BOHONG! Jika anda berkata, gue JATUH CINTA pada pandangan pertama. Sesungguhnya saat itu anda sedang berkata, gue NAFSU dalam pandangan pertama. Mengapa demikian? Karena cinta yang anda maknai baru sebatas SUKA. Suka dengan wajahnya yang cantik, se...

Benturan antara Idealisme dan Realitas

Sendy, sosok aktivis pergerakan mahasiswa yang idealis dan bertanggung jawab dalam memegang amanah di organisasinya. Dalam aksi, dia sering menjadi koordinator lapangan, mempimpin aksi. Mulai dari kebijakan kampus hingga kebijakan pemerintah daerah dan pusat yang tidak memihak kepada rakyat maka Sendy pasti membelanya dengan mengadakan aksi jalanan. Kata-kata yang terlontar dari mulutnya saat orasi, seolah menghipnotis yang mendengarnya, karena di bawakan dengan semangat dan mampu menggerakan massa dengan baik. Selang 6 tahun, saat ia meninggalkan kehidupan kampus dan menjadi pengusaha. Sendy menjadi opportunis dan pragmatis. Mengapa? Karena uang lah yang menjadi segalanya, dan kepentingan lah yang menjadi prioritasnya. Bukan karena lupa nya idealisme yang ia pegang selama ia jadi mahasiswa, namun semuanya berubah ketika uang berbicara. Apalagi saat ini Sendy telah berkeluarga dengan Fenny, aktivis pergerakan mahasiswi yang satu organisasi dengannya. Sendy dan Fenny memiliki 3 ora...